15 Agustus, 2011

Sengitnya 'Perang' Samsung vs Apple di Pengadilan





Apple berhasil meyakinkan pengadilan di Jerman untuk memblokir penjualan Samsung Galaxy Tab 10.1 yang berlaku di Uni Eropa. Namun Samsung masih bisa lolos di Belanda, di mana pertarungan mereka dengan Apple berlangsung seru.

Samsung berkilah tidak mendapat kesempatan untuk membela diri di Jerman. Nah dalam hearing di pengadilan Belanda, Samsung bertarung sengit dengan Apple di pengadilan setempat terkait tuduhan peniruan desain produk.

Samsung minta pengadilan Belanda tak mengabulkan tuntutan Apple. Alasannya banyak perangkat elektronik berbentuk segi empat seperti iPad. Boleh dibilang, figura foto digital pun mirip dengan iPad.

Tim hukum Samsung berargumentasi bahwa jika menuruti standar Apple tentang apakah suatu barang meniru iPhone atau iPad, maka akan banyak korban. Sudah lama perangkat seperti punya Apple muncul, bahkansebelum iPhone dan iPad ada. Samsung pun membawa 20 contoh perangkat untuk membuktikannya.

Di sisi lain, Apple mengklaim telah melakukan riset. Mereka menemukan 80% responden yakin iPad dan Galaxy Tab identik atau mirip secara umum. Konsumen dikatakan bingung dan marah karena kemiripan Galaxy S dengan iPhone. Meski demikian, hakim sempat mempertanyakan metodologi riset Apple.

Keputusan pengadilan di Belanda apakah memenangkan Apple atau tidak akan dimumkan pertengahan September mendatang. Sedangkan terkait keputusan pengadilan di Jerman, Samsung telah memastikan akan mengajukan banding